Ramaikan Karnaval Budaya HUT KSB, SDN 2 Taliwang Angkat Tema 'Isong Bale'


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Taliwang turut ambil bagian dalam Karnaval Budaya, yang menjadi rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ke-20, Rabu siang, (15/11/2023). 

Karnaval Budaya yang diikuti oleh berbagai sekolah, Kecamatan dan organisasi se-Kabupaten Sumbawa Barat, dengan tema Gotong Royong. Mengangkat tema 'Isong Bale' dalam karnaval budaya, SDN 2 Taliwang memberikan nuansa yang khas dengan mengangkat tradisi gotong royong masyarakat Sumbawa Barat yang terkenal begitu kental.

"SDN 2 Taliwang tampil beda dengan mengusung miniatur rumah dan membawa semangat 'Isong Bale' ke tengah kerumunan," kata Kepala SDN 2 Taliwang, Siti Nur, S.Pd.SD, usai kegiatan karnaval.

Ia menjelaskan, tradisi 'Isong Bale' yang diangkat oleh SDN 2 Taliwang, merupakan suatu bentuk gotong royong dalam memperbaiki atau memindahkan rumah dengan melibatkan seluruh masyarakat. "Peserta karnaval dari SDN 2 Taliwang menampilkan semangat gotong royong dengan meriah, menyajikan miniatur rumah yang diarak sambil mengiringi dengan musik grempong dan kukul," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa, keikutsertaan dalam Karnaval Budaya ini bukan hanya sebagai bentuk partisipasi sekolah, tetapi juga untuk mengenalkan kembali tradisi budaya yang mulai terkikis pada generasi muda. "Kami ingin memperkenalkan dan merayakan kembali nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong melalui tema 'Isong Bale'," tambahnya.

Karnaval ini tidak hanya memperlihatkan semangat gotong royong, melainkan juga tradisi dan kearifan lokal masyarakat Sumbawa Barat. "Inilah yang kemudian ditampilkan oleh siswa-siswi SDN 2 Taliwang yang mensimulasikan tradisi 'Isong Bale', grompong, kukul, serta meramaikan dengan 'me rekat' dan 'ai bahas rangkamang', makanan khas yang biasa dihidangkan saat 'Isong Bale," paparnya.

Siti Nur berharap keikutsertaan SDN 2 Taliwang dalam karnaval ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Sumbawa Barat, untuk senantiasa menjaga dan menghargai tradisi lokal yang kaya akan nilai-nilai luhur.

Menurutnya, kegiatan karnaval budaya sejalan dengan upaya memperkuat kurikulum merdeka yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan kebudayaan. Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh guru, staf, siswa-siswi, dan orang tua yang mendukung kegiatan ini. 

"Terima kasih juga kepada Pemerintah dan Lembaga Adat Tanah Samawa (LATS) sebagai penyelenggara kegiatan. Saya berharap kegiatan serupa terus digalakkan di masa mendatang dengan sinergi yang kuat," harapnya.

Seperti diketahui, pawai karnaval budaya HUT KSB ke-20 ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST, dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda. 

SDN 2 Taliwang berhasil menciptakan warna yang istimewa dalam perayaan HUT Kabupaten Sumbawa Barat yang ke-20, memberikan pesan kuat akan pentingnya kebersamaan dan gotong royong dalam membangun masa depan yang lebih baik. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.