Cegah Terjadinya Banjir, Kodim 1628/SB Bersama Masyarakat Laksanakan Karya Bakti Bersih Bantaran Sungai


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Puluhan anggota TNI dari Kodim 1628/Sumbawa Barat bersama elemen masyarakat melaksanakan karya bhakti bersih bersih bantaran sungai yang ada di Kelurahan Manala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu, (06/12/2023).

Selain melibatkan anggota TNI dari kodim 1628/Sumbawa Barat karya bhakti bersih bersih bantaran sungai di Kelurahan Menala ini melibatkan anggota polri, Satpol PP, BPBD Kabupaten Sumbawa Barat, Agen PDPGR, Dinas Kebersihan Kabupaten Sumbawa Barat, Pemerintah Kelurahan Manala, masyarakat Kelurahan Manala.

Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja mengatakan bahwa, karya bakti bersama ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan serta upaya dalam rangka mencegah terjadinya bahaya banjir. "Karya bakti pembersihan bantaran sungai dari berbagai pohon yang tidak sesuai dengan peruntukannya serta sampah dan rumput liar yang mengganggu aliran sungai dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya," kata Dandim.

Sungai perlu di jaga dan dirawat kebersihannya agar tidak terjadi banjir pada saat musim hujan akibat tumpukan sampah, berbagai pohon yang tidak sesuai dengan peruntukannya serta rumput liar. Selain itu, aliran sungai tersumbat rentan terhadap penyakit. Adanya kegiatan karya bakti bersama ini dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan serta menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan

Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja meminta kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai 

Saat kegiatan karya bhakti bersih bersih bantaran sungai berlangsung, Lurah Manala Wiwik Sudiatir S.E menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat yang telah mempelopori kegiatan karya bakti membersihkan bantaran sungai Kelurahan Menala.

"Kegiatan ini sangat berdampak terhadap kebersihan lingkungan, kesehatan masyarakat dan kebersihan sungai yang selama ini sering tersumbat akibat tumpukan sampah  dan pohon yang bukan pada tempatnya," jelasnya.

Sekarang aliran sungai Kelurahan Menala kembali lancar serta terlihat lebih bersih dan rapi dari sebelumnya, diharapkan kedepannya Kelurahan Menala bebas dari musibah banjir. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.