Kodim 1628/Sumbawa Barat Gelar Karya Bhakti Guna Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Memasuki musim penghujan dan untuk mengantisipasi terjadinya banjir serta menghindari wabah penyakit, Kodim 1628/Sumbawa Barat bersama,  stakeholder, tripika, Ormas Pemuda Pancasila, pelajar dan Instansi terkait serta PT AMMAN Mineral dan masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti (Karbak) TNI, dengan sasaran pembersihan bantaran sungai, area pasar tradisional, fasilitas umum dan penanam pohon di lahan kritis di wilayah Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat, Jumat, (8/12/2023)

Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja mengatakan bahwa, kegiatan karya bakti ini dilaksanakan, sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat dan sekitarnya serta menciptakan lingkungan yang sehat bebas dari sampah dan wabah penyakit.

"Karena memang akhir-akhir ini Kabupaten Sumbawa Barat sudah memasuki musim penghujan, jadi dengan adanya pembersihan saluran air dan pasar ini, agar saluran air tidak terhambat lagi akibat sampah dari pasar,' ucap Dandim.

Tentunya ini merupakan implementasi perintah dari komando atas, untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana banjir dan wabah penyakit, karena sudah memasuki musim penghujan. "Selain melaksanakan pembersihan pasar, saluran air dan bantara sungai juga dilaksanakan himbauan kepada masyarakat sekitar pasar dan kanal agar membuang sampah pada tempatnya serta menjaga saluran air agar lancar," kata Dandim.

Harapannya, setelah dilaksanakan pembersihan pasar, bantaran sungai dan kanal ini, maka tidak ada lagi masyarakat maupun para pedagang, yang membuang sampah di sembarang tempat. "Karena berbagai macam penyakit dan banjir, yang sewaktu-waktu akan terjadi akibat banyaknya tumpukan sampah di aliran kanal," tutup Dandim. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.