KPUD KSB Diminta Inisiasikan Debat Caleg Kabupaten


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumbawa Barat harusnya berani untuk menginisiasi adanya debat calon legislatif pada level Kabupaten. Ini penting untuk menguji gagasan sejauh mana calon legislatif memahami tugas dan fungsinya di lembaga legislatif.

Demikian dikatakan Calon Legislatif dari partai Nasdem, Unang Silatang, Jumat 29 Desember 2023. Debat bagi calon legislatif itu juga penting, kata Unang, karena dapat menggeser praktek politik uang. Jadi sebagai penyelenggara di daerah harusnya berani keluar dari pola biasa demi proses yang lebih berkualitas. 

"Saya paham bahwa tidak ada aturan yang secara eksplisit menyebutkan tentang debat caleg. Tetapi saya pikir jika tidak ada juga larangan, kenapa tidak berani dilaksanakan," tegasnya. 

Dalam kaitan demokrasi di Sumbawa Barat saat ini, salah satu yang menjadi rahasia umum adalah praktek politik uang kita sangat tinggi, bahkan nilainya bisa sampai diangka jutaan perorang. Tetapi jika mendalami motifnya, itu karena bentuk kekecewaan. Untuk itu pertarungan ini harus digeser kepada pertarungan yang lebih berkualitas. 

"Kalau tidak bisa oleh KPUD, mungkin bisa diajak kerjasama dengan lembaga lain yang mau melaksanakan ini. Yang jelas ini sangat penting," tandasnya. 

Problem serius dalam pesta demokrasi, khususnya pada wilayah pencalegan adalah siapa yang berduit itu yang kuat, kalau ini dibiarkan maka pesta demokrasi sama dengan kita sedang 'berjudi'. Jadi jangan sampai karena penyelenggara sangat formalistik bekerja, lantas hasil dari pesta demokrasi ini menghasilkan output yang tidak berkualitas. 

"Ayo kami sangat menunggu pertarungan gagasan, jangan sampai nanti yang terpilih adalah dia tidak paham dengan tugas dan fungsinya," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.