Sukses Laksanakan 5 Seri, PSOI dan West Sumbawa Barat Surfing Berikan Piala Mahkota Kepada 4 Devisi Terbaik KSB


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Liga Surfing Indonesia (LSI) bersama Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Kabupaten Sumbawa Barat menginisiasi kegiatan crowing ceremoni empat club terbaik dan sekaligus penyerahan piala mahkota dari seri 5 tahun 2023. 

"Ini tahun ketiga kami ikut liga surfing indonesia, ada 28 club' se Indonesia dengan lima seri dalam setahun. Kami juga melaksanakan lima seri dengan empat divisi yaitu devisi 10, 16, open dan master. Empat terbaik dari masing-masing devisi akan mewakili club untuk mengikuti grand final di Bali," kata ketua harian PSOI NTB Cahyo Karyadi Prabowo kepada awak media, Minggu, (17/12/2023).

Ia juga mengatakan, dari empat devisi yang hadir dalam acara closing seremoni sebanyak 60 orang peselancar ombak Indonesia (PSOI) Kabupaten Sumbawa Barat dan NTB. Dia menjelaskan seri 1 dilaksanakan di pantai tropical Sekongkang, seri 2 di pantai Jelenga Jereweh, seri 3 di pantai tropical, seri 4 di Desa Kertasari Taliwang dan seri 5 di pantai Yoyo Sekongkang. "Dari lima seri masing-masing divisi mengambil 4 orang untuk mengikuti Grand Final LSI di Bali pada tanggal 18-22 November 2023 dalam seri 3," jelasnya.

Ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan terutama PT. AMNT sebagai sponsor utama dalam semua kegiatan kami. "Semoga kami tetap mempertahankan semangat ini dan mengenalkan Sumbawa Barat ke level yang lebih tinggi, sehingga surfing sebagai cabang olahraga bisa mencetak prestasi dan panji-panji Sumbawa Barat lebih unggul, karena bisa mengikuti lomba di tingkat NTB sampai olimpiade. Surfing merupakan trigger destinasi pariwisata bahari dan anak-anak dari kampung nelayan bisa berkembang," ungkapnya.

Dia mengucapkan selamat kepada para pemenang dan jadikan ini penyemangat dalam kegiatan surfing kedepan. Ditempat yang sama, Ketua PSOI KSB Toni Ardiansyah mengatakan bahwa, PSOI Sumbawa Barat telah mendapatkan berbagai macam bantuan dari PT. AMNT, dimulai dari bantuan alat, peningkatan SDM dan memfasilitasi agar peselancar memiliki sertifikat surfing kelas dunia. "PSOI dan west Sumbawa Barat kedepan bisa membuat program-program yang luar biasa untuk meningkat SDM KSB dan Sumbawa Barat bisa dikenal sampai manca negara," harapnya.

Perwakilan PT. AMNT dari departemen Sosial Impact Andi Susanto mengatakan bahwa, dia mewakili PT. AMNT akan mengangkat bibit-bibit unggul dari KSB agar bisa berlaga di liga surfing Indonesia. Karena surfing bisa mendukung destinasi pariwisata agar turis asing bisa aman melakukan surfing di KSB. Hal ini juga sebagai komitmen PT. AMNT dalam mendukung pengembangan putra-putri KSB.

Harapannya agar kedepan bisa berkolaborasi dengan lebih baik dan komunikasi bisa terus ditingkatkan. "Mari kita mempromosi surfing sampai manca negara dan kita dukung pengembangan surfing di KSB dengan maju kedepan," tuturnya.

West Sumbawa Surfing Club sebagai panitia dalam acara ini bersama pengurus cabang (Pencab) PSOI KSB dan sponsor utama PT. AMNT serta pelaku pariwasata pengelola hotel dan restoran dari kerasari, bukit samudra, tropical, yoyo home stay, muara surving host, Lisa Garden dan lainnya.

Ia menuturkan, surfing sudah menjadi cabang olahraga (Cabor) dan surfing dapat memajukan potensi pariwisata, karena surfing memiliki daya tarik destinasi yang memiliki nilai jual tinggi dan bagian dari industri pariwisata yang berskala Internasional.

"KONI NTB telah melakukan survei terhadap kondisi pantai, infrastruktur, transportasi dan akomodasi untuk menjadi Kabupaten Sumbawa Barat sebagai tuan rumah dalam Liga Surfing Indonesia di Grand Final LSI seri 4 tahun depan, tidak kalah penting dukungan sponsor utama PT. AMNT untuk memajukan potensi pariwisata. "Tahun depan KSB menjadi pelaksana Grand Final LSI," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.