Man 2 Mataram Gelar Sosialisasi Masuk Perguruan Tinggi


Lintas NTB, Mataram -
MAN 2 Mataram melaksanakan sosialisasi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2024 kepada siswa. Kegiatan ini diadakan di aula madrasah, Senin, (22/1/2024). 

Sosialisasi ini tidak hanya diikuti siswa MAN 2 Mataram saja. Namun juga siswa dari sekolah yang tergabung dalam kelompok kerja madrasah (KKM) MAN 2 Mataram dan sekolah lainnya. 

Kepala MAN 2 Mataram Drs. H Lalu Syauki mengatakan, sosialisasi yang dilakukan PTN sangat diharapkan. Karena kebijakan dari Kemendikbudristek yang lebih tahu para rektor di PTN. "Kami dari awal sudah mempersiapkan dokumen. Hari ini, kami mendapat bekal terkait cara, teknis, dan SOP (standar operasional prosedur) masuk PTN seperti apa," kata Syauki. 

Dia menyebutkan, ada dua langkah yang dilakukan MAN 2 Mataram dalam mempersiapkan siswanya masuk PTN. Pertama membentuk tim khusus penjamin mutu yang mempersiapkan semua tahapan masuk PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). "Jadi kami di jalur SNBP terdistribusi di semua jurusan. Jurusan IPS 36 anak, jurusan IPA 160 anak, dan program keagamaan 14 anak. Siswa eligible sudah terkunci," terang Syauki. 

Kini pihaknya sudah mulai melakukan pendataan dan pemetaan kepada siswa untuk jurusan yang aman dipilih. Bahkan menyebarkan google form terkait jurusan yang dipilih. "Hasil pemetaan ada jalur SNBP ini akan disampaikan ke wali siswa. Setelah orang tua setuju baru nanti sekolah akan mengklik pilihan siswa sesuai keinginan," tambahnya. 

Syauki berharap hasil SNBP tahun ini lebih bagus dari tahun lalu, karena persiapan cukup matang. Dari jumlah siswa kelas XII sebanyak 437 orang ada sekitar 160 anak dari kuota 40 persen yang bisa ikut jalur SNBP.  "Untuk memilih jurusan harus ada referensi dan melihat dampaknya. Jangan sampai siswa memilih UI (Universitas Indonesia) semua karena keinginan orang tua. Ada Universitas Udayana, Unhas (Universitas Hasanuddin). Jangan hanya numpuk di PTN di Pulau Jawa," jelasnya. 

Syauki meminta kepada siswa sebelum memilih jurusan pada jalur SNBP agar dipikirkan secara matang dan dikordinasikan dengan orang tua. "Karena siswa yang lulus pada jalur SNBP jika ingin memilih jurusan lain pada jalur lainnya di PTN akan ditolak. Jadi jurusan yang dipilih di SNBP harus benar-benar matang," pungkasnya. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.