Siswi MAN 2 Mataram Lolos Indonesian Youth Excursion Network di Malaysia


Lintas NTB, Mataram -
Salah satu siswi Man 2 Mataram bernama Alya Naila Azzahra, kelas XI kerap mengikuti olimpiade sains dalam berbagai bidang. 

Prestasi yang diraih gadis 17 tahun ini menjadi satu-satunya perwakilan Madrasah yang lolos Indonesian Youth Excursion Network (IYEN) 2024 di Malaysia. 

IYEN adalah program kepemudaan internasional yang menyelenggarakan Youth Excursion di Kuala Lumpur, Malaysia. Program ini dirancang khusus untuk pemuda dan pemudi yang ingin memperluas wawasan mereka melalui pengalaman belajar di luar negeri. 

IYEN bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri dalam hal leadership, public speaking, critical thinking dan problem solving. Sebagai upaya aktualisasi dari ilmu peserta yang nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat. 

Kepala MAN 2 Mataram Drs. H Lalu Syauki menuturkan, kegiatan IYEN 2024 ini akan dilaksanakan pada 26 - 29 Februari 2024 mendatang di Kuala Lumpur. Ia mengapresiasi capaian anak didiknya dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraihnya. "Teruslah berprestasi dan buktikan jargon MAN 2 Mataram yang mandiri, menginspirasi, dan mendunia nyata adanya," ujar Syauki. 

Kami ingin Alya bisa menceritakan kepada dunia bahwa anak madrasah bisa menjadi siapa saja, bisa menjadi apa saja," tambahnya. 

Dia mengucapkan selamat dan semakin sukses menjadi figur anak madrasah yang mendunia. Diakuinya, siswi yang satu ini memiliki segudang prestasi pada tahun sebelumnya. 

Diantaranya, meraih medali emas Kejuaraan Pencak Silat tingkat Provinsi diadakan NU NTB, juara III Kejuaraan Nasional Pencak Silat Lombok Championship 1, juara I Olimpiade Kompetisi Sains Pelajar Indonesia KSPI 2023 Bidang Matematika tingkat nasional. 

Kemudian juara I  National Science Olympiad Osains 2023 Bidang Biologi tingkat nasional, juara II Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris Sigma Sains Indonesia 2023 tingkat nasional, juara I Kompetisi Sains Siswa Nasional 2023 Bidang Biologi tingkat nasional. 

Juara II Kompetisi Sains Siswa Nasional 2023 Bidang Kedokteran tingkat nasional, juara I Kompetisi Sains Siswa Nasional 2023 Bidang Fisika  tingkat nasional, juara III Kompetisi Sains Siswa Nasional 2023 Bidang Kimia tingkat nasional. 

Lalu meraih medali emas Jenius Indonesian Science Competition 2023 Bidang Fisika tingkat nasional, meraih medali emas Jenius Science Olympiad 2023 Bidang Kimia tingkat nasional, dan juara III Jenius Indonesian Science Competition 2023 Bidang Bahasa Inggris tingkat nasional, Juara III Jenius Indonesian Science Competition Bidang Biologi tingkat nasional. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.