Tingkatkan Pelayanan Ke Masyarakat, Kajati NTB Resmikan Gedung PTSP Kejari KSB


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat Dr. Bambang Gunawan, SH., M. Hum meresmikan gedung pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat sekaligus peletakan batu pertama musholla Adh-Dhuha.

Dalam sambutan pembuka, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dr. Hj. Titin Herawati Utara, SH., MH menyampaikan bahwa, kita patut bersyukur gedung PTSP Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat sudah selesai dibangun. Perlu diketahui bahwa, Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat sudah meraih WBBM dan WBK. Maka dengan itu predikat tersebut kami bertanggungjawab meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah diresmikan, gedung ini segera akan melakukan pelayanan kepada masyarakat. "Kami akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat KSB dengan berbagai inovasi," jelas Hj. Titin, Selasa, (30/1/2024).

Pembangunan gedung PTSP, tentunya berkat dukungan berbagai unsur terutama Pemda KSB. Gedung PTSP ini merupakan hibah dari pemerintah daerah melalui APBD-P. Gedung PTSP sengaja dibuat terpisah dengan gedung utama, bertujuan membuat kenyamanan dan sebagai langkah nyata dalam menjaga integritas para jaksa dan personil Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat agar tidak melakukan hal-hal yang transaksional.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kejati NTB dan jajaran serta Bupati beserta Forkompinda. "Semoga kerja keras dan sinergitas bisa meningkatkan fungsi Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat serta membawa manfaat untuk masyarakat," harapannya.

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengucapkan selamat datang kepada Kajati NTB di bumi pariri lema bariri. Ia menceritakan bahwa, Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat memiliki program yang bagus yaitu rumah jaga desa dan ditunjang juga dengan aplikasi lain. Di rumah jaga desa para Kepala Desa bisa bertatap muka dengan jaksa dan bisa menjadi ruang konsultasi kepala desa terkait aset dan dana desa yang mereka kelola agar peruntukannya benar-benar dirasakan oleh masyarakat dan dimanfaatkan untuk pembangunan di desa.

"Mudah-mudahan kunjungan Kajati dan rombongan akan membawa berkah untuk pembangunan di KSB," ungkap Bupati.

Dia menambahkan, selama kepemimpinan dirinya akan berusaha membangun gedung untuk instansi vertikal, sebagai simbol otonomi daerah  agar Sumbawa Barat bisa maju dan aman. Ia juga mengatakan bahwa, KSB sudah tuntas program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dari satu sampai lima berkat sinergitas Forkompinda, begitu juga proyek strategis daerah (PSD) dan program daerah lainnya yang tuntas berkat sinergitas Forkompinda dan masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi NTB Dr. Bambang Gunawan, SH., M. Hum mengucapkan bahwa, kunjungan ini ke empat kali di beberapa Kabupaten dan dirinya bangga melihat sinergitas yang bagus diantara Forkompinda KSB. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah membangun fasilitas untuk mendukung kinerja instansi vertikal terutama Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat.

Gedung PTSP ini merupakan pelayanan yang bisa dilihat dan dikontrol oleh berbagai pihak. Di sana ada surat menyurat yang terinput dan terkontrol dan termonitor, sehingga dengan gedung baru PTSP bisa menambah kinerja Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat, hal ini bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh Kejaksaan Sumbawa Barat akan memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai layanan dan pelayanan," tuturnya.

Ia mengharapkan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat agar PTSP ini bisa di koordinasikan dengan Kecamatan dan desa, sehingga PTSP ini tersosialisasi dengan baik dan cepat ke tengah masyarakat. Terkait program jaga desa yang mengontrol penggunaan dana desa dan aset desa oleh jaksa. Hal itu agar Kepala desa bisa memikirkan penggunaan dana desa untuk kepentingan masyarakat. Karena pemerintah sudah menggelontorkan anggaran yang besar untuk pembangunan desa. Dia juga berharap seluruh kepala desa bisa berkonsultasi sehingga dana desa bisa tepat waktu dan tepat sasaran.

Hadir dalam acara itu, Kejati NTB Dr. Bambang Gunawan, SH., M. Hum, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST., M. M.Inov, Kepala Kejaksaan Sumbawa Barat Dr. Hj. Titin Herawati Utara, SH, MH, Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar, Kepala BNNK Sumbawa Barat, Kepala Pengadilan Sumbawa, para Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas dan instansi lain. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.