Ekstrakulikuler MEC Man 2 Mataram Gelar D-Motion


Lintas NTB, Mataram -
Salah satu kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Mataram yakni Manda English Club (MEC) menggelar event Nasional.  Kegiatan tingkat nasional yang digelar MEC MAN 2 Mataram ini diberi label D-Motion 2024. Peserta D-Motion 2024 berasal dari Madrasah atau sekolah dari dua kementerian, Kemenag RI dan Kemendikbud Ristek seluruh Indonesia. 

Adapun D-Motion 2024 ini digelar selama dua hari, yakni pada Sabtu dan Minggu tanggal 27 dan 28 Januari 2024 yang bertempat di aula PPT MAN 2 Mataram. Sebagai peserta dari D-Motion 2024 merupakan siswa/siswi MTs/SMP dan MA/SMA/sederajat seluruh Indonesia. 

Kepala Man 2 Mataram H. Lalu Syauki mengatakan, D-motion ini menjadi agenda tahunan diadakan MEC MAN 2 Mataram dan ini tahun keenam. Ia juga mengatakan pada lomba ini pihaknya mengundang siswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris. 

Lomba ini menjadi agenda yang ditunggu para siswa, terutama untuk lomba debat bahasa Inggris. "Dmotion menjadi ikon MEC MAN 2 Mataram," terangnya. 

Ada tiga kategori yang dilombakan, yakni Debat bahasa Inggris, Pidato Bahasa Inggris dan Story Telling atau bercerita dalam bahasa Inggris. Juri yang digunakan berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan nama Reinhart Siregar dan Muhammad Iwan Suryadi merupakan Juri dari Universitas Mataram. "Pesertanya ini tidak hanya dari sekolah di Pulau Lombok, namun juga ada dari Pulau Jawa," kata Syauki. 

Ia menerangkan, lomba ini sebagai ajang mencari siswa SMP sederajat yang jago bahasa Inggris. "Bahkan jika menjadi juara satu, dua, atau tiga siswa akan mendapat golden ticket masuk MAN 2 Mataram. Siswa SMP yang jago bahasa Inggris bisa masuk MAN 2 Mataram untuk mengembangkan bakatnya dalam bahasa Inggris," tambahnya. 

Dijelaskan, D-motion yang diadakan MEC MAN 2 Mataram menjadi ruang bagi siswa mengekspresikan kemampuannya. Selain itu, ajang ini juga sebagai persiapan lomba debat bahasa Inggris ke tingkat nasional diadakan Kemendikbudristek. ”Lomba ini juga akan menambah pengalaman siswa. Pada lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional tahun lalu MAN 2 Mataram dan dua sekolah lainnya mewakili NTB," tutupnya. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.