Libatkan Pemilih Pemula Dan Insan Pers, Bawaslu KSB Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif


Lintas NTB, Sumbawa Barat
- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bersama pemilih pemula dan insan pers di Kedai Sawah Resto Kompleks KTC.

"Kami melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif ini untuk memperkenalkan apa saja yang bisa dilakukan oleh pemilih pemula dalam pemilu 2024 ini," jelas Komisioner Bawaslu KSB Karyadi, SE kepada sejumlah awak media.

Ia juga menjelaskan, ada sebanyak 432 orang pengawas pemilu yang tersebar di 8 Kecamatan 64 desa Kelurahan untuk memantau proses pemilu 2024 agar berjalan sesuai harapan kita bersama. Selain melalui sosialisasi ke pemilih pemula, pengawasan partisipatif ini di sisihkan juga melalui pencegahan melalui ceramah agama, sosialisasi di sekolah SMA, SMK dan MAN sederajat dan kelompok pengawas pemilu dengan tujuan agar partisipasi masyarakat bisa meningkat dalam pengawasan tahapan pemilu.

Dia menjelaskan, pengawasan pemilu bisa di adukan melalui pintu pelaporan dan temuan. Masyarakat bisa melaporkan bila menemukan politik uang, kampanye hitam dan lainnya. Ia berharap pengawas pemilu partisipatif bisa dilakukan secara maksimal oleh pemilih pemula, kelompok pemilu dan insan pers yang juga menjadi pilar ke 4 dalam demokrasi.

Setelah sambutan dilakukan penyampaian materi oleh Komisioner Bawaslu KSB Karyadi, SE tentang pengawasan partisipatif dan apa saja yang bisa dilakukan pemilih pemula dan insan pers dalam pemilu. Selanjutnya penyampaian materi oleh Gufron, S. Hi., M.M. Inov tentang pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula, tokoh agama dan insan pers Sumbawa Barat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.