Raih Peluang Beasiswa Kedokteran di Unram, Sekda Ingatkan Guru dan Siswa Untuk Persiapkan Diri


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Dalam kesempatan menjadi pembina upacara di SMAN 1 Taliwang, Senin, (19/02/2024) Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST., M. Si meminta kepada guru beserta murid - muridnya untuk mempersiapkan diri berkompetisi dalam rangka ujian masuk Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Disampaikan Sekda bahwa itu merupakan program beasiswa bagi anak anak KSB dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. 

"Kuota yang diberikan oleh Unram kepada Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 20 Siswa," ucapnya.

Ditambahkan Sekda bahwa, mengapa dilaksanakannya program tersebut  karena hingga saat ini di KSB masih kurang tenaga dokter lokal yang berasal dari KSB. Rasio perbandingan jumlah dokter dan masyarakat masih jauh dari optimal. Disatu sisi Fakultas Kedokteran Unram, begitu dibuka penerimaan  mahasiswa baru, 80 persennya dari luar NTB. Dan hasil komunikasi dengan pihak Unram, disepakti untuk pembiayaannya, Pemda KSB akan membiayai dari pertama masuk hingga jadi dokter. 

Terkait persyaratannya, Sekda menyampaikan bahwa, hanya pelajar yang dari KSB yang akan bersaing sesama KSB nantinya. Saat ini sedang disusun indikator, siapa yang akan bersaing nantinya. Setiap Sekolah akan diambil 5 hingga 10 besar di kelasnya untuk mengikuti tes. Demikian pula jika ada yang sudah lulus dua tahun, juga mengikuti persyaratan 5 besar dan 10 besar. Bagi anak anak yang kurang mampu, termasuk yang hafidz al quran, nanti akan di dorong untuk masuk kuota khusus. 

"Saya minta persiapkan diri dari sekarang. Memang betul kita bersaing sesama siswa KSB, tetapi kualitas tesnya tetap mengikuti standar Unram," ungkap Sekda. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.