Sabtu Budaya, SMAN 1 Pringgarata Launching Album Video Musik


Lombok Tengah - Kegiatan Inovasi "Sabtu Budaya" mampu membentuk karakter mulia siswa yang akan menjadi generasi masa depan. Kegiatan ini berisi praktek-praktek baik tentang, gotong royong, permainan rakyat, olahraga traditional dan penguatan pengembangan organisasi sekolah.  


SMAN 1 Pringgarata dalam pelaksanaan Sabtu Budaya 17/2/2024 melaunching album video musik dimana lagu dan aransemennya diciptakan langsung oleh Kepala SMAN 1 Pringgarata Akhmad Husni, S. Pd. M.M. 


"Lagu ini tercipta karena melihat potensi peserta didik yang ada, seperti yang kita lihat beberapa kali peserta didik Smapta setiap mengikuti lomba pasti juara satu" ujar Husni sapaan akrabnya. 


Husni menjelaskan album video musik SMAPTA 2024 yang akan dilaunching tersebut merupakan hasil karya mandiri warga Sekolah SMAPTA dan ia sendiri sebagai pencipta lagu. 


"Lagunya SMAPTA itu kita buat sendiri, bawakan sendiri, mainkan sendiri dan kita rekam sendiri oleh warga sekolah," imbuhnya. 


Dikatakan Husni, potensi peserta didik di Smapta yang kerap kali memenangkan lomba menyanyi menarik perhatiannya sebagai kepala sekolah khususnya pada seni musik. Ia juga menilai agar potensi siswa siswi tidak hanya digunakan di luar sekolah saja. 


Dalam launching album video musik SMAPTA ini terdapat lagu dengan genre Pop, dangdut, sasak, dan Arab gambus, dimana yang menyanyikan lagu tersebut merupakan peserta didik yang telah meraih juara pada lomba tingkat kabupaten maupun provinsi. 


Setelah hadirnya Album Video Musik SMAPTA tersebut nantinya diharapkan dapat memotivasi peserta didik lainnya untuk mengembangkan minat bakat yang dimiliki, baik itu dalam seni musik maupun lainnya. 


Sementara itu Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M.Pd sebelumnya menjelaskan bahwa ''Sabtu Budaya" merupakan inovasi Dikbud dari tahun ajaran 2021/2022.  


"Sabtu Budaya dapat membangun suasana belajar, membiasakan praktek-praktek baik seperti gotong royong, toleransi, kerja keras, tanggungjawab, sehat dan lain sebagainya, sesuai amanat fungsi pendidikan nasional," ujarnya. 


Sabtu Budaya dapat menguatkan karakter bangsa, seperti budaya gotong royong yang sesuai dan sejalan dalam mendukung program NTB Zero Waste.  


Inovasi Sabtu Budaya, juga diharapkan mampu mendongkrak Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) di NTB. 


"Mimpi besar kami ingin melaju pada posisi 3 besar dan bahkan posisi nomor 1 dalam IPK ini," harapnya. 


Selain itu, dijelaskan Aidy bahwa Ada 3 inovasi yang dilahirkan Dikbud, yaitu inovasi Sabtu Budaya,  Edo Wisata dan Senam Gema Gatra.  


Senam Gema Gatra ini muncul sebagai bentuk perhatian terhadap budaya di NTB. Gerakan dan musiknya merupakan perpaduan 3 etnis besar di NTB, yaitu Sasak, Samawa dan Mbojo. 


Untuk diketahui selain pelaksanaan launching Album Video, Sabtu Budaya ini juga dirangkaikan dengan Penampilan dari ekstrakulikuler SMAPTA, serta Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni SMAPTA Masa Bakti 2024-2027.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.