"SAMBANG DESA" Binaan Jumat Salam Dispora NTB - Desa Mekar Sari Lotim


Lintas NTB, Lombok Timur
- Jum'at, 02 Januari 2024. Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB hadir melaksanakan kegiatan Jum'at Salam di Desa Mekar Sari, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. 

Dalam rangkaian Jumat Salam ke Desa Mekar Sari, Tim Dispora Provinsi NTB hadir secara lengkap. Membersamai juga hadir Dispora Kabupaten Lombok Timur yamg diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Tim PPID dan Media.

Hadir juga secara langsung Camat Suela, Pj. Kepala Desa Mekar Sari, Sekretaris Desa Mekar Sari, Kepala Dusun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Pj. Kades Mekar Sari, Idawati, S.Sos menyampaikan bahwa topografi desa Mekar Sari yang sangat luas dengan jumlah penduduk sekitar 7000 yang terdiri dari 12 dusun dengan jumlah KK 3000. Pj. Kades menyambut dan mengapresiasi Jumat Salam sebagai informasi beberapa aspirasi dari masyarakat dalam upaya pembangunan di desa Mekar Sari.

Penegasan lebih lanjut dilakukan oleh Camat Suela, Lalu Srijaya menyampaikan bahwa, Jum'at Salam ini merupakan program yang sangat luar biasa untuk menyerap kebutuhan dari masyarakat. Desa Mekar Sari merupakan pemekaran dari Desa Sutalangu dan Desa Prigi. Mata pencaharian masyarakat terbesar adalah petani. Sebagian besar kondisi wilayah adalah wilayah tadah hujan dan hal yang sangat dibutuhkan pada desa Mekar Sari adalah irigasi air. Ironisnya juga dikatakan oleh Camat Suela, ini biasanya membeli satu tangki air bersih dari kecamatan Pringgabaya dan hanya mengandalkan satu mata air, yaitu mata air lemor.

Sekretaris Dispora NTB, Hj. Asnirawati menerangkan bahwa Jum'at Salam akronim dari Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat adalah program inovasi Pj. Gubernur NTB, Drs. H Lalu Gita Ariadi, M.Si dalam cara atau metode Pemerintah Provinsi mendekatkan diri pada masyarakat mendengarkan aspirasi yang merupakan input positif terhadap upaya yang dilakukan secara sinergi dan kolaboratif terhadap pembangunan di NTB yang akan di tindak lanjuti bersama dengan OPD-OPD lainnya.

Keterangan Sekretaris Desa Mekar Sari, Hadi Wijaya menyampaikan profil desa serta topografi desa yang bentuk desanya berpetak-petak dengan mata pencaharian dominan petani dan peternak. Berbagai macam buah ditanam di Desa Mekar Sari, seperti Alpukat dan Durian. Selanjutnya Sekdes Mekar Sari  menegaskan terkait kelangkaan pupuk dan pengaturan irigasi serta pembinaan kepemudaan dan keolahragaan yang menjadi persoalan mendasar.

Di Bidang Kesehatan, Desa Mekar Sari memiliki 12 Posyandu. Selain itu, Desa ini sering mengadakan pelatihan kewirausahaan untuk pemuda seperti Menjahit, Tata boga, dan Elektronik. Namun yang menjadi persoalan adalah terkait mekanisme pemasarannya.

Kepala Dusun Dasan Koak Saparwadi mengharapkan adanya bantuan terhadap pembinaan olahraga dan pemuda terkait fasilitas umum untuk pembinaan generasi muda. Selain itu Kepala Dusun Seruni, Heriadi menerangkan bahwa beliau tidak mengapresiasi bantuan jaringan air berupa pipa dikarenakan debit air yang dirasakan masih kurang sehingga bantuan tersebut tidak dapat dimanfaatkan.

Anang Zulkarnain selaku Kepala Bidang PDS Keolahragaan Dispora NTB dalam penjelasannya mengapresiasi kegiatan pembinaan olahraga khususnya futsal dan sepak bola di Mekar Sari. Tindak lanjut yang dilakukan mewakili Dispora NTB dengan memberikan peralatan olahraga berupa kostum sepak bola dan bola voli.

Sesuai permintaan pemuda yang ada di Desa Mekar Sari juga, Agus Sukmayadi selaku Pejabat Fungsional Dispora NTB akan memprogramkan Coaching Clinic Futsal sebagai bentuk pembinaan dan pelatihan pemuda.

Lalu Fatanah. S.Sos., M.M. Kepala Bidang Pengembangan Sarana Prasana Dispora NTB juga menjelaskan tentang batas kewenangan Provinsi dan Kabupaten dalam pengelolaan sarana prasarana yang ada.

Mengakhiri pertemuan Jumat Salam ini, Drs. H. Muhtadi Hairi, M.Pd mewakili Dispora NTB mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa yang telah bekerjasama. Semoga aspirasi yang diutarakan oleh masyarakat dapat menjadi masukan positif bagi pembangunan daerah.

Tim Dispora NTB melanjutkan kegiatan Jumat Salam dengan menggunakan kendaraan roda 2 secara konfoi untuk menikmati keindahan alam Sembalun yang dipimpin oleh Kadispora NTB dan turut serta mengikuti kegiatan Jumat Salam di Desa Bilok Petung yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Literasi Keuangan Digital OJK NTB yang dipimpin oleh Pj. Gubernur NTB. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.