SMKN 1 Sumbawa Besar Launching TEFA Laundry Lotus


Lintas NTB, Sumbawa Besar
- SMKN 1 Sumbawa Besar yang di nahkodai Jayadi, S. Pd,.M.Pd terus berinovasi dalam pendidikan salah satunya dengan adanya Teaching Factory (TEFA) Laundry dari Perhotelan. 

Sekolah ini baru saja meresmikan ruang praktik siswa (RPS) laundry sekaligus melaunching laundry lotus SMKN 1 Sumbawa. Inovasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa dalam industri laundry dan perhotelan. Siswa siswa akan memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pelatihan mulai dari mencuci, menyetrika hingga manajemen pemesanan dalam layanan perhotelan. Dengan demikian, mereka dapat mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja. 

Kepala Bidang SMK Dikbud NTB M. Khairul Ikhwan mengatakan, Dikbud NTB menargetkan hasil praktik siswa bisa masuk rantai pasok industri agar tidak sia-sia. "Salah satu target kami, hasil praktik siswa agar bisa masuk dalam sistem rantai pasok industri, sehingga hasil praktik anak-anak SMK tidak sia-sia," ujar Ikhwan, Sabtu, (3/2/2024). 

Ikhwan menjelaskan, saat ini SMKN 1 Sumbawa sudah menjadi sekolah BLUD. Dengan mekanisme BLUD, hasil praktik SMK bisa dijual sebagai bagian dari rantai pasok komponen industri, atau menjadi bagian dari aktivitas industri. "Makanya kami ketat sekali kawal sampai BLUD ini beroperasional dengan lancar," ujarnya. 

Laundry Lotus SMKN 1 Sumbawa menjadi salah satu tempat praktik siswa dalam melatih kemampuan yang dimiliki siswa serta belajar bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. 

Sementara itu Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M.Pd mengapresiasi pola kerja Tefa ini. Ia mengatakan, sejak berlakunya kurikulum merdeka pola belajar siswa menjadi 70 persen praktik, 30 persen teori. "Ini selaras dengan kurikulum merdeka belajar, pola ini sangat membantu siswa cepat beradaptasi dengan industri kerja dan TEFA menjadi jembatan siswa siswi untuk semakin terampil, mendapatkan pengalaman kerja, dan menumbuhkan jiwa entrepreneur," jelasnya. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.