Tim MAN 2 Mataram Juarai Lomba KTI Tingkat NTB


Mataram - Tiga siswa MAN 2 Mataram berhasil meraih juara I lomba karya tulis ilmiah (KTI) tingkat NTB. Tiga siswa ini bernama Baiq Mutiya Hurun Nisa, Yunita Indar Anjani, dan Baiq Laily Zahra Nursyakbania. 


Mereka mengharumkan nama madrasah pada lomba yang memperebutkan piala rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan Gubernur NTB. 


Kegiatan pada lomba ini meliputi Life Science Competition and Expo. Kegiatan digelar Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati UTS. Masing-masing lomba terdiri dari lima finalis. 


Pembina Karya Ilmiah Remaja (KIR) MAN 2 Mataram Verweny Rochi Maryati,  mengatakan, "saat pengumuman lomba KTI, Tim MAN 2 Mataram meraih juara I dengan memperoleh piala, sertifikat, dan uang pembinaan," ujarnya. 


Selain itu, Tim MAN 2 Mataram juga meraih hadiah beasiswa 50 persen sebesar Rp 8 juta. 


"Beasiswa ini tidak termasuk biaya daftar ulang dan pembangunan jika ingin melanjutkan ke UTS. Beasiswa ini berlaku selama satu tahun," imbuhnya. 


Menurut Venny, persiapan lomba KTI yang dilakukan tiga siswa sejak Desember tahun lalu. Proses lomba ini cukup panjang dan pendaftaran dilakukan pada Desember tahun lalu sedangkan pada Januari 2024 pengumuman dan awal Februari presentasi sepuluh finalis secara daring. 


"Kelima finalis pada masing-masing mata lomba diundang untuk tahap presentasi dan pameran karya di UTS," jelasnya. 


Dikatakan Venny, tiga siswanya yang meraih juara pertama pada lomba KTI tergabung dalam ekstrakurikuler (ekskul) KIR MAN 2 Mataram. Sejak beberapa tahun lalu, ekskul KIR cukup berkembang dengan mengikuti berbagai lomba, baik tingkat kota, provinsi, dan nasional, bahkan tingkat internasional. 


KTI yang diajukan Tim MAN 2 Mataram bertemakan tentang "Efektivitas Briad Game Digital Juara (Jaga udara asri rangka aksi) Education Menuju Indonesia Net-Zero Emission 2050". 


Penelitian ini mengeksplorasi perubahan iklim dan langkah-langkah mitigasi emisi karbon di Kota Mataram. 


Mereka menjabarkan respons pemerintah terhadap kemacetan dan kualitas udara termanifestasi dalam inisiatif mewujudkan Mataram sebagai kota ramah pesepeda. 


Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki mengapresiasi para siswanya yang telah menjadi juara lomba KTI.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.