Aher, Politisi Peraih Cumlaude Penggagas Program Rumah Singgah dan Ambulance Gratis Bagi Warga


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Pemilu Tahun 2024 telah menghasilkan para calon legislatif DPRD Sumbawa Barat terpilih, termasuk untuk daerah pemilihan (DAPIL) 2 KSB meliputi Kecamatan Poto Tano, Seteluk, Brang Rea, Brang Ene.

Dari sederet nama yang terpilih, kalian tentu tidak asing lagi dengan salah satu politisi senior Aheruddin Sidik yang populer dipanggil Aher yang saat ini masih menjabat sebagai ketua komisi II DPRD Sumbawa Barat. Putra dari pasangan (Alm) HM. Sidik dan Hj. Siti Hawa itu memulai karier politiknya dulu melalui Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan terpilih sebagai anggota DPRD Termuda pada Pemilu tahun 2009 dalam usia 25 tahun. Ia bahkan masih berstatus bujang dan masih menjadi mahasiswa pascasarjana Universitas Brawijaya Malang.

Saat ini aher telah terpilih untuk periode keempat pada pemilu tahun 2024 melalui partai GERINDRA dengan perolehan suara cukup tinggi di dapilnya. Selain itu aher adalah salah satu politisi peraih Cumlaude dan penggagas program rumah singgah dan ambulance gratis untuk warga. Sebelum terjun sebagai politisi, perjalanan hidup Aher mengalir seperti air dengan proses perjuangan panjang, penuh dedikasi dan prestasi. Berbagai prestasi dia dapatkan dimasa sekolah maupun di kampus. 

Politisi muda ini, menorehkan berbagai prestasi sejak dibangku SMP. Ia meraih NEM tertinggi pada kelulusan di SMPN 2 Seteluk tahun 1999 dan menamatkan pendidikan tingkat menengahnya di SMAN 1 Mataram serta menjadi wisudawan terbaik Fakultas ekonomi UNRAM dengan predikat Cumlaude pada tahun 2006. Selain berprestasi di bidang pendidikan, aher juga aktif di berbagai kegiatan organisasi sehingga Aher cepat beradaptasi dengan iklim politik praktis. Setidaknya cikal bakal kepemimpinan dan karakter politiknya sudah ia tunjukkan sejak bersekolah di SMAN 1 Mataram sebagai ketua Palang Merah Remaja (PMR) tahun 2001 silam. 

Dilanjutkan di bangku kuliah di Fakultas Ekonomi UNRAM sejak tahun 2002. Selain itu, ia menempati posisi ketua di beberapa organisasi kemahasiswaan, mulai dari pengurus pusat ketua bidang HUMAS Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI), ketua bidang HUMAS Forum Kajian Ekonomi Islam (FoKEI) Fakultas Ekonomi UNRAM, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan (HMJ-IESP) Fakultas Ekonomi UNRAM dan puncaknya terpilih pada PEMILU raya mahasiswa sebagai Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE Unram Periode 2005-2006. Selain itu, suami dari Dian Dwi Maryati ini dulu juga aktif di beberapa Organisasi kedaerahan diantaranya Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Sumbawa Barat Mataram (HIPMASBAR Mataram) dan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) KSB Malang.

Sebagai politisi sekaligus wakil rakyat, pria murah senyum ini memiliki kelihaian “meramu” program. Ia setidaknya punya dua program yang cukup inovatif yaitu menggagas program rumah singgah dan ambulance gratis buat warga. Saat ini selain sebagai anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Aher juga aktif di organisasi olahraga sebagai wakil ketua KONI KSB dan ketua umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) KSB dengan menoreh prestasi sebagai cabang olahraga yang mendapatkan prestasi juara umum pada pekan olahraga provinsi (PORPROV) NTB yang lalu.

Sebagai politisi, keseharian Aher tentu lebih banyak bergelut dengan tugas-tugas legislasi. Tetapi disela-sela waktu luangnya politisi muda ini masih menyempatkan diri mengajar dan menjadi dosen tidak tetap di beberapa Universitas, Saat ini juga aher sedang mengejar target penyelesaian disertasinya untuk mendapatkan gelar Doktor Manajemen Sumber Daya Manusia dari Universitas Negeri Jakarta. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.