Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadhan Kapolda NTB yang dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M bertempat di masjid Agung Darusalam, Kamis, (28/03/2024). Rangkaian kegiatan berlangsung dari pelaksanaan buka puasa bersama hingga pelaksanaan shalat tarawih berjamaah. 

Selepas taraweh berjamaah, rangkaian kegiatan berlangsung diawali dengan penyerahan bantuan kepada sejumlah masjid, yayasan dan lembaga oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dan diserahkan oleh Bupati Sumbawa Barat, dan didampingi oleh Dandim 1628 Kabupaten Sumbawa Barat, Kapolres Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Hadir dalam kesempatan tersebut, seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, pengurus masjid beserta jamaah masjid Agung Darussalam.

Dalam kesempatan menyampaikan sambutannya, Bupati Sumbawa Barat menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari itu diluar dari rencana sebelumnya. Itulah yang menjadi renungan bagi kita semua bahwa apa yang kita rencanakan belum tentu terjadi dan demikian sebaliknya apa yang tidak kita rencanakan justru terjadi. Inilah bukti bahwa manusia hanya mampu merencanakan, dan hanya Allah SWT yang menentukan. 

Kegiatan pada malam hari itu sedianya merupakan agenda Safari ramadhan Kapolda NTB di Kabupaten Sumbawa Barat, tetapi karena kondisi yang tidak yang diinginkan akhirnya konsep kegiatan dirubah menjadi malam peringatan Nuzulul Quran, karena kebetulan malam hari itu bertepatan dengan malam 17 Ramadhan. Berkaitan dengan peringatan Nuzulul Quran, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM, mengajak kepada seluruh jamaah untuk gemar memabaca al quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari. 

Bupati menekankan bahwa yang menjadikan pembeda antara yang hak dengan yang bathil adalah Al Quran. “Yang menjadikan pembeda antara yang hak dengan yang bathil adalah Al Quran. Rasulullah SAW bersabda Sebaik - baik ibadah umatku yaitu membaca Al Quran. Oleh karenanya saya mengajak kepada seluruh jamaah untuk menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup, untuk keselamatan kita bukan hanya di dunia, tetapi yang lebih penting yaitu untuk bekal kita di akhirat," ungkap Bupati.

Hal penting yang menjadi penekanan Bupati pada kesempatan tersebut yaitu berkaitan dengan akhlak generasi muda hari ini. Bupati menyadari bahwa bahaya Narkoba dikalangan generasi hari ini cukup memprihatinikan. “Saya mengingatkan dan mengajak kepada kita semua terhadap bahaya Narkoba di daerah kita. Saat ini sebagian besar isi Lapas Sumbawa yaitu mereka yang tersangkut kasus Narkoba. Kita harus berpikir bagaimana kita perangi narkoba ini di dalam masyarakat KSB. Saya mengajak kepada kita semua, para guru, orang tua, untuk mengingatkan anak – anak kita untuk menjauhkan diri dari pratek narkoba. Jangan sampai generasi Sumbawa Barat hari ini terjerumus dalam Narkoba," jelas Bupati.

Hikmah peringatan Nuzulul Quran pada malam hari itu di isi oleh KH Syamsul Ismain, LC Pimpinan Pondok Pesanteren Himmatul Ummah Sapugara. Dan di sesi terakhir Bupati Sumbawa Barat menyerahkan cendramata kepada kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa Barat, Kombes Pol Yuanita Amelia Sari S.E.,M.Si yang telah mengakhiri tugasnya di Kabupaten Sumbawa Barat. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.