Banyak Manfaat Untuk Masyarakat, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di KSB


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo meresmikan Bendungan Tiu Suntuk yang terletak di desa Mujahidin Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada pagi ini, Kamis, (2/5/2024).

Ia mengatakan, peresmian bendungan ini merupakan langkah untuk mengantisipasi perubahan iklan yang terjadi di Indonesia. Karena air merupakan kunci dari kebutuhan hidup kita sehari-hari. Maka dari itu, air menjadi sangat penting untuk kehidupan kita semua, terutama di Nusa Tenggara Barat khususnya di Sumbawa Barat.

Dia juga menjelaskan, air sangat banyak manfaatnya seperti untuk pertanian, air baku untuk minum, pembangkit listrik, penahan banjir, dan lainnya. Karena di rasa sangat penting, pemerintah pusat membangun 7 bendungan di NTB salah duanya di KSB bendungan Tiu Suntuk. "Paling banyak bendungan yang kami bangun berada di NTB," jelasnya.

Menurutnya, bendungan Tiu Suntuk menghabiskan anggaran sebanyak 1,4 Triliun rupiah, dengan kapasitas 60,8 juta meter kubik, manfaatnya untuk irigasi 1.900 hektar, air baku 680 liter/detik dan meredupsi banjir di sekitar KSB. "Semoga bendungan ini bisa bermanfaat banyak untuk masyarakat," pungkasnya. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.