Gong Pilkada Dita Berbunyi, KPU KSB Ajak Semua Pihak Sukseskan


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat melakukan peluncuran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Dita untuk pemilihan Bupati Sumbawa Barat dan Wakil Bupati Sumbawa Barat tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, ketua KPU KSB Herman Jayadi, S. AP mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir dalam peluncuran pilkada dita pada malam hari ini. KPU KSB melaksanakan peluncuran Pilkada Dita dengan maksud tahapan Pilkada di KSB sudah dimulai. Hal ini sebagai bentuk mensukseskan tahapan pemilihan serentak nasional yakni Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan wakil wali kota.

"Pemilihan serentak nasional akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 tahun ini termasuk di KSB," ungkapnya, Jumat, (17/5/2024).

Dalam pemilihan serentak di KSB, dia menjelaskan bahwa, KPU KSB mengambil tema Pilkada Dita. Pilkada Dita semangatnya melibatkan semua pihak untuk bersinergi mensukseskan tahapan Pilkada di KSB. Dia menguraikan, kata (Dita) yang memiliki arti penting, (D) Demokrasi, (I) integritas, (T) transparan dan (A) akuntabel. Jadi kata Dita disimpulkan, demokrasi yang berkualitas dan harus direalisasikan berdasarkan kehendak rakyat, penuh dengan kejujuran, keterbukaan, dan pertanggung jawaban.

Filosofi Pilkada Dita dan maskotnya mengambil 2 hewan Lebah yaitu Dita dan Sura, kenapa lebah diambil oleh KPU KSB, karena filosofinya lebah melambangkan kedisplinan, kekompakan, kreatifitas, kerja keras, dan lebah menghasilkan yang terbaik. "KPU KSB siap mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, khususnya Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat di bulan November mendatang," jelasnya.

Ia berharap dalam Pilkada Dita, terciptanya sinergitas dengan berbagai pihak seperti Bawaslu, pemerintah dan stekholder lain. Pilkada yang akan kita laksanakan, mudah-mudahan bisa kita sukseskan secara bersama untuk mewujudkan KSB yang baik.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumbawa Barat Suharno, S. Sos., MM. Inov mengatakan bahwa, tahun ini adalah tahun politik, ada dua agenda besar yang harus kita sukseskan yaitu agenda pemilu dan pilkada. Pilkada merupakan saran melaksanakan pesta demokrasi untuk mewujudkan pemimpin pilihan rakyat.

Tujuan dilaksanakannya pilkada serentak adalah untuk menciptakan iklim demokrasi. Dimana didalamnya partisipasi warga negara menjadi faktor yang menentukan calon pemimpin bangsa ke depan. Pandangan ini berangkat dari asumsi untuk mendorong proses demokratisasi secara luas, terbuka dan adil.

Ia berharap, tahapan pelaksanaan pilkada tahun ini berjalan lancar dan aman. Pilkada akan menyentuh langsung ke masyarakat, maka dari perlu adanya antisipasi agar tidak menimbulkan gesekan, gejolak ditengah masyarakat. "Semoga pelaksanaan pilkada bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpinnya. Hal terpenting dalam pilkada yaitu faktor keamanan," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa, Bupati Sumbawa Barat mengucapkan terima kasih kepada KPU KSB atas terselenggaranya pemilu yang sukses. Ia meminta dengan peluncuran pilkada dita, akan semakin memberikan semangat ke penyelenggaraan pemilu untuk mensukseskan pemilihan serentak nasional Bupati Sumbawa Barat dan Wakil Bupati Sumbawa Barat. "Semoga penyelenggara bisa memegang asas Jurdil (langsung, jujur, adil, bebas dan rahasia)," imbuhnya.

Perwakilan KPU Provinsi NTB Halidi mengatakan bahwa, pertemuan malam ini, dalam rangka meluncurkan pelaksanaan pilkada untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di KSB. Di KPU Provinsi sudah meluncurkan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur beberapa waktu lalu. "Saya mengapresiasi maskot yang diambil KPU KSB yaitu maskot lebah, karena lebah binatang yang istimewa dan disebutkan dalam Al-Qur'an. Mudah-mudahan prinsip pada lebah bisa memberikan semangat untuk membuat Pilkada Dita sukses aman dan damai.

Ia melanjutkan, syarat pertama dalam politik adalah kesabaran, bukan kecerdasan dan stamina. Politik itu permainan jangka panjang, jadi kita harus bersabar dalam berpolitik. "Semoga pilkada di KSB sukses dan berjalan lancar," pungkasnya.

Hadir dalam acara itu, perwakilan KPU NTB, Komisioner KPU KSB, perwakilan Kapolres, perwakilan Dandim 1628/SB, Komisioner Bawaslu, Perwakilan Kejaksaan, ketua partai politik, pemerintah daerah dan masyarakat umum. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.