Masuk Tahapan Pilkada, Bawaslu KSB Ingatkan ASN Untuk Bersikap Netral


Lintas NTB, Sumbawa Barat - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa Barat mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat agar bersikap netral.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu KSB Karyadi, SE kepada awak media, Rabu, (15/5/2024). Ia juga menjelaskan bahwa, saat ini sudah memasuki tahapan pemilihan Kepala Daerah, maka dari itu ASN harus bersikap netral dan dilarang memihak kepada salah satu pasangan calon.

"Apalagi saat ini, sudah banyak ASN ikut dalam kontestasi calon Kepala daerah (Cakada)," ungkapnya.

Menurutnya, netralitas ASN ini diperkuat dengan keputusan bersama antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tentang pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas pegawai aparatur sipil negara dalam penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan. "5 Menteri sudah menyepakati agar ASN wajib menjaga netralitas, bila melanggar ada sanksi tegas yang menanti," pungkasnya. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.