Bawaslu KSB Lakukan Rapat Evaluasi Penanganan Pelanggaran dan Pembahas Verfak


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa Barat melakukan rapat evaluasi penanganan pelanggaran pada pemilu serentak nasional 2024 di Resto Kedai Sawah, Kamis, 20 Juni 2024.

Ketua Bawaslu KSB Khairuddin, SE menyampaikan, dalam rapat evaluasi penanganan pelanggaran dibahas juga mengenai tahapan verifikasi faktual (Verfak) calon perseorangan. Ia berharap, tahapan Pilkada Sumbawa Barat saat ini sudah masuk fase krusial, dimana ada syarat dukungan bakal calon perseorangan yang akan kita bantu verifikasi bersama KPU KSB, maka dari itu para PKD dan Panwascam bisa turun langsung ke masyarakat.

Dia berkata, verifikasi faktual nantinya akan menentukan nasib calon perseorangan, apakah ikut atau tidak di dalam pilkada KSB. "Kami akan meminta data verifikasi calon perseorangan yang dilakukan oleh PKD dan Panwascam, data itu menjadi pegangan bila terjadi sesuatu," jelasnya.

Ia juga berharap, pengawas verifikasi faktual nanti bisa menemukan setitik simpul dalam pengawasan yang diperkirakan menjadi potensi pelanggaran. Dia berpesan, semoga para PKD dan Panwascam bisa mengikuti acara evaluasi dengan serius sehingga menjadi bekal untuk verifikasi faktual nantinya. 

Diakhir acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Komisioner Bawaslu dan KPU kaitannya dengan verifikasi faktual yang akan dilakukan. (LNG05)




0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.