Yuk! Cicipi Sayur Ares, Kuliner Unik yang Identik dengan Lombok

MATARAM,LINTASNTB. Apa sih yang kamu tahu tentang Pulau Lombok? Surga wisata dunia, kata orang sih begitu. Namun, ada sebutan yang lebih keren untuk pulau cantik dengan sejuta pesonanya ini. Lombok dengan beragam kuliner yang disajikan patut menyandang gelar surga kuliner dunia atau Lombok kulinernya Indonesia. Wah! keren bukan?

Sebutan itu tentu sangat bersesuaian dengan kekayaan kuliner yang ada di Lombok. Mulai dari ayam taliwang yang mantap dengan rasa pedasnya hingga kuliner unik dan aneh yang bernama ares. Dari namanya saja sudah unik apalagi rasanya. Kamu penasaran bukan? Kalau begitu wajib hukumnya untuk mencicipi kuliner ini saat kamu sedang berada di Lombok.

Sayur ares adalah makanan dengan bahan dasar daging batang pisang yang masih muda. Masakan yang diracik dengan santai ini memiliki cita rasa yang unik, gurih dan sedikit manis. Pelepah daging pisang yang digunakan untuk sayur ares pun tidak sembarangan. Hanya pelepah dading pisang yang belum berbunga saja yang dapat digunakan. Ares diperoleh dengan menguas batang pisang hingga tersisa sedikit bagian dalamnya saja. Bagian dalam batang pisang tersebut kemudian diiris tipis dan diberi garam secukupnya, lalu diremas serta dicuci sampai bersih dan kemudian diolah. Nah! prosen mendapatkan sayurnya saja sangat unik bukan?

Sayur ares yang unik itu, kemudian diolah dengan racikan bumbu lengkap. Biasanya bumbu yang dipakai hampir seperti bumbu kari yaitu ketumbar, lengkuas, jinten, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe. Bumbu itu terlebih dahulu direbus dengan pelepah daging pisang yang telah dipotong-potong ditambah garam dan gula. Kuliner Ares juga dapat ditambahkan daging sapi agar lebih nikmat. Namun masakan ini memang tidak menggunakan penyedap rasa karena dapat merusak cita rasa dari sayur tersebur.

Kuliner khas Lombok ini, sebenarnya merupakan makanan khas Suku Sasak. Dulunya makanan ini disajikan pertama kali saat acara pernikahan atau sering disebut acara begawe oleh orang Sasak. Namun, sekarang sayur ares sudaah banyak ditemukan di Lombok, khususnya saat kamu berjalan-jalan di putaran Cakranegara dan Mataram. Di kawasan itu banyak berjejeran warung makan yang menyediakan menu tersebut.

Ares tidak hanya terpercaya soal rasa, tetapi makanan khas yang satu ini memiliki sejarah yang memikat. Munculnya makanan ini berlatar belakang dari musim kering yang berkepanjangan hingga sudah tidak ada tanaman yang dapat hidup selain pohon pisang. Awalnya pohon pisang itu dijadikan sebagai pengganti rumput untuk mkanan ternak, namun seorang pria dari desa tersebut merasa penasaran, dan memiliki ide berlian untuk menciptakan sayuran dari daging batang pisang. Pria itu bernama L. Ares dan sayur yang diciptakan pun diberi nama Ares.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.