Forum Kades Lotim Kritisi Pelaksanaan Pilkades

LOMBOKTIMUR,LINTASNTB.Forum Kepala Lombok Timur mengkritisi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 14 Desember 2016 lalu belum maksimal berjalan sesuai harapan. Karena masih ada beberapa persoalan yang tentunya harus menjadi bahan evaluasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim kedepannya.

Demikian ditegaskan Ketua Forum Kades Lotim,L.Muhir di Selong. "Kami melihat pelaksanaan Pilkades belum berjalan dengan maksimal," tegas Muhir.

Kepala Desa Bagik Payung Timur ini menjelaskan pasca Pilkades tersebut timbul berbagai macam masalah. Dengan adanya beberapa calon kades yang tidak terima dengan hasil Pilkades tersebut.

Sehingga tentunya berdampak pada terjadinya gugatan sengketa Pilkades. Seperti di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Desa Montong Baan, Kecamatan Sikur dan Desa Dasan Borok, Kecamatan Suralaga. Bahkan tidak menutup kemungkinan desa lainnya akan menyusul nantinya.

"Tiga Desa itu Cakadesnya sedang menyiapkan diri untuk mengajukan gugatan ke tingkat panwas maupun kabupaten," terang Muhir yang sudah dua peride terpilih menjadi Ketua Forum Kades.

Lebih jauh Ketua Forum Kades menambahkan selain itu juga adanya sejumlah desa yang pada waktu hari pelaksanaan Pilkades anggarannya belum dicairkan.Karena anggaran Pilkades ini berasal dari dua sumber yakni APBD dan APB Desa.

Maka masalah-masalah seperti ini tentunnya menjadi perhatian dari semua pihak yang terlibat dalam Pilkades tersebut.Begitu juga dari Kabupaten hanya melakukan sosialisasi kepada desa yang melaksanakan Pilkades saja,karena seharusnya semua masyarakat disosialisaikan agar mereka semua faham.

"Saya mengerti ini baru pertama Lotim melaksanakan Pilkades,sehingga kekurangan yang muncul dalam Pilkades pertama ini bisa dievaluasi pada Pilkades kedepannya agar tidak terulang lagi," tandas Muhir seraya menegaskan untuk tahun 2017 mendatang terdapat ratusan desa yang akan melaksanakan Pilkades. (Rzl)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.