Program IKAHH Berdayakan Potensi Lokal Bagi Masyarakat Miskin

Kabid IKAHH H. Amarudin
LOMBOK BARAT,LINTASNTB. Pemerintah Daerah Lombok Barat (Lobar) targetkan penurunan angka kemiskinan melalui program IKAHH yang dicanangkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian dengan menggali potensi lokal diseluruh kecamatan Lobar. Program tersebut diklaim mampu mengangkat dan mensejahterakan masyarakat. Dan menurunkan angka kemiskinan. 

Kepala Bidang Industri Komoditi Agro dan Hasil Hutan (IKAHH) H. Amarudin mengatakan, sasaran program kegiatan kita adalah dengan menargetkan sebanyak banyak potensi lokal yang dimiliki masyarakat miskin terhadap semua Kecamatan yang ada. Setiap kecamatan akan dilakukan pembekalan sumber daya manusia (SDM) dan diberikan pelatihan dan pembinaan.

Berdasarkan potensi yang dimiliki  oleh masyarakat, pemerintah berupaya memberdayakan dengan  menyuguhkan Road Show dan diberikan pelatihan dan pembinaan  dengan mendatangkan tenaga pendamping. Dalam setiap Road Show yang dilaksanakan tersebut yaitu, memberikan pemahaman tentang pola pengelolaan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap peserta dimasing-masing masing kecamatan yang ada.

" Kami undang Road Show yakni  bertujuan untuk mengasah sumber daya manusia tentang pengelolaan berdasarkan potensi yang dimiliki setiap orang," katanya.

Kalau memang ada masyarakat yang memiliki bakat potensial, kemudian tercatat sebagai warga miskin, tentu akan kita bina dan dilatih untuk diberdayakan.

"Sekarang ini kami sedang memulai pendataan disetiap kecamatan terkait bakat potensial yang dimiliki oleh masyarakat, terutama masyarakat yang miskin untuk diundang road show dan selanjutnya akan dilatih," terangnya.

Satu kecamatan semuanya akan dihimpun sekitar seratus sampai dua ratus orang. Namun akan didata dulu sesuai keahlian yang dimiliki oleh mereka. Selanjutnya kita undang menghadiri Road Show. Selain itu Disperindag akan memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap mereka.

"Untuk pelatihan nanti, semuanya sudah disiapkan rumah khusus.Bayangkan setiap kecamatan akan diberdayakan sebanyak seratus hingga dua ratusan orang, jika dikali sepuluh kecamatan, berapa banyak nilai UKM yang bermunculan," ucapnya.

Insya Allah kata ucap Marudin, dengan program ini akan mampu mengurangi angka kemiskinan yang ada di Lobar. Kita akan melakukan pelatihan dan pembinaan dari hulu sampai hilir, namun tetap diutamakan warga miskin supaya sasaran program ini memang benar benar mampu mengurangi dan mengentaskan kemiskinan. 

Program pemerintah  itu menyuguhkan dan meningkatkan ketrampilan yang dimiliki oleh masyarakat seperti kualitas pembuatan Gerabah, peningkatan kualitas Bata, dan peningkatan lainnya.

Amarudin menegaskan,  program ini memiliki kelebihan karena  Disperindag akan memberikan materi secara menyeluruh dari kegiatan Raid Show, pelatihan, pembinaan serta pendampingan. Baru ini kita sudah menggelar road Show dan pelatihan di Desa Banyu Mulek, dan besok akan dilakukan hal yang sama di Desa Lingsar, pungkasnya. (Wan)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.