Fauzan :"Peran Kader Sangat Penting Turunkan Angka Stunting"

LOMBOK BARAT,LINTASNTB. Kader memiliki peran penting dalam pelaksanaan posyandu yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu, anak dan masyarakat secara umum. Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu.

Menyadari pentingnya peran para kader, pagi tadi (31/10) UPTD BLUD Puskesmas Labuapi mengajak para kepala desa yang berada di wilayah kerjanya berdeklarasi untuk berkomitmen mendukung dan mensukseskan seluruh program kesehatan di daerah. Khususnya memberikan dukungan bagi para kader untuk lebih optimal memberikan pelayanan masyarakat.

Deklarasi dilakukan dalam kegiatan Temu Kader Kesehatan se-Kecamatan Labuapi di Bangsal Pantai Kuranji. Temu kader kesehatan ini diikuti oleh Saka Bhakti Husada, 255 kader posyandu kader kesehatan se-wilayah kerja Puskesmas Parampuan yang berasal dari 6 desa yakni Desa Bajur, Desa Terong Tawah, Desa Karang Bongkot, Desa Kuranji, Desa Perempuan dan Desa Kuranji Dalang, serta undangan lainnya.

Temu kader ini juga digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sekaligus mengoptimalkan fungsi sebagai kader kesehatan. Hal itu disampaikan Kepala Puskesmas Parampuan, Zulhana.

“Terima kasih atas dukungan bapak bupati, Ketua TP-PKK Lombok Barat, Kepala Dinas Kesehatan, bapak-bapak kepala desa dan para tokoh masyarakat. Semoga dukungan bapak semua menjadi energi bagi teman-teman kader untuk lebih semangat dalam pengabdian dan pelayanan," ungkap Zulhana.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid memberikan apresiasi tinggi kepada para kader posyandu. Fauzan menilai peran para kader sangat besar terhadap progress penurunan angka kasus stunting di Lombok Barat.

“Kinerja para kader begitu luar biasa sehingga dapat menurunkan angka stunting sampai dengan 42%. Jika Kepala Dinas Kesehatan sendiri dengan jajarannya bekerja tanpa dibantu oleh kader posyandu saya rasa tidak akan berhasil menurunkan angka stunting," akunya.

“Oleh karena itu yang paling layak mendapatkan penghargaan adalah para kader posyandu, karena mereka dengan ikhlas mengerjakannya walaupun ada keluhan-keluhan itu masih sifatnya manusiawi,” tambah Fauzan.

Fauzan menekankan pentingnya kesadaran untuk memulai pola dan gaya hidup sehat untuk mengatasi tantangan di bidang kesehatan. Di akhir sambutan, Fauzan  mengajak seluruh peserta untuk mensukseskan tiga program nasional di bidang kesehatan khususnya di Lombok Barat, yakni masalah stunting, TB dan kualitas imunisasi. (Cand)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.