Sukseskan Program Sergab, Kasdim Sumbawa Kunjungi SP3T Utan

SUMBAWA,LINTASNTB. Kepala Staf Kodim 1607/Sumbawa Mayor Arh Huwairy, ST., bersama Pasiterdim Kapten Inf Robert P dan Pasandi Letda Inf Stevanus melaksanakan kunjungan ke Sentra Pelayanan Pertanian Padi terpadu (SP3T) di Desa Sabedo Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa) untuk melihat dan mengecek operasionalnya, Jumat  (1/2).

Dalam kunjungannya, kasdim 1607/Sumbawa bersama rombongan diterima Ketua SP3T Mustafa dan Sekertarinya Junaidin di lokasi SP3T. Pada kesempatan tersebut Kasdim Sumbawa mengecek operasional Unit Penggilingan Padi (Stationer Rice Milling Unit/RMU) SP3T dan bertukar pikiran dengan pengurus SP3T Utan.

Dalam dialog tersebut, Mustapa menyampaikan kendala yang dihadapi SP3T pada saat musim gabah ataupun jagung. “Kendala kami di lapangan yakni tidak memiliki gudang penyimpanan gabah sehingga tidak bisa menampung gabah dan jagung petani yang melakukan penggilingan di SP3T,” kata Mustapa.

Selain itu, sambungnya, petani juga masih enggan menggiling padi dan jagung mereka di SP3T karena belum dilengkapi alat Pemisah beras, butir dan batu kecil yang terdapat dalam padi ataupun jagung saat digiling.

Sementara Kasdim Sumbawa pada kesempatan tersebut menyampaikan kehadirannya dalam rangka mengecek operasional RMU dan Dryer serta peralatan lain yang telah didukung oleh Kementerian Pertanian. 

Menurutnya, operasional SP3T belum maksimal karena masih banyak Gapoktan yang menjual gabah dan jagungnya ke tengkulak yang bermodal besar dan masih banyak petani yang tidak mengetahui keberadaan SP3T.  

“Minimnya informasi tentang keberadaan Sp3T juga menjadi kendala sehingga operasionalnya tidak sesuai harapan,” kata huwairy.

Untuk memaksimalkan operasinal SP3T, lanjutnya, perlu dilakukan promosi secara terus menerus kepada Gapoktan di wilayah Kecamatan Utan sehingga hasilnya juga bisa dirasakan oleh Gapoktan.

Terkait dengan kendala yang dihadapi pengurus SP3T, Kasdim Sumbawa memberikan bantuan pendampingan dan mengambil langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan operasional SP3T dengan harapan keberadaan SP3T bermanfaat bagi para petani dan memberikan nilai positif dalam membantu program pemerintah khususnya swasembada pangan.(cand)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.