Wisatawan : Pesona Desa Mantar Memukau Namun Akses Mengerikan

SUMBAWA BARAT - Destinasi Wisata Mantar mampu memukau para wisatawan domestik dan manca negara. Hal ini terbukti dengan area Pamanto dengan latar belakang pemandangan yang indah dari ketinggain +700 mdpl yang menampakkan pemandangan lautan dan Gili Balu serta keindahan gunung Rinjani yang juga bagian dari destinasi pariwisata favorit di Kabupaten Sumbawa Barat.

Kendati demikian, sejumlah wisatawan domistik berkeluh kesah tentang akses jalan yang menuju lokasi Pemanto yang menjadi icon wisata ditempat itu.

Wisatawan menilai bahwa terkesan kurang representatif dan masih kurang profesional tata pengelolaannya tentang Desa wisata ini.

Salah seorang wisatawan Domistik asal Jambi, Sumatra Utara, H.Taufik Manja yang berkunjung ke Desa Mantar bersama rombongannya menyayangkan akses jalan menuju Mantar yang masih kurang mendapatkan perhatian. 

Sehingga masih kurangnya fasilitas pendukung bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke tempat ini, seperti air bersih dan makam yang harus di relokasi sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.

"Keindahan Mantar sangat memukau, indah dan jauh lebih bagus dari beberapa daerah wisata yang pernah saya kunjungi, hanya saja yang harus di optimalkan akses dan pemeliharaan serta ketersediaannya fasilitas penunjang yang lebih representatif," ungkap Taufik kepada media ini, pada Selasa (24/4) kemarin di Desa Mantar.

Disebutkannya, kalau dirinya merupakan putra Sumbawa asli yang sudah 47 Tahun di rantauan, kaget melihat pesona Mantar yang dilihat dari media sosial  dan media elektronik serta di berbagai situs wisata dunia. 

"Dari berbagai cerita itu saya selalu ingin datang ke Mantar dan Alhamdulillah hari ini niat tersebut kini kesampaian, ternyata cerita yang saya dapat sesuai dengan kenyataan," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengunjung lainya, Lalu Hermansyah, warga Jakarta yang juga putra asli Sumbawa ini mengaku pesona Mantar sangat luar biasa, hanya saja di tempat ini harus ada pembenahan untuk lebih baik. 

Ia menyarankan kepada pemerintah daerah, agar lebih serius untuk memikirkan akses jalan menuju Desa Mantar, di samping itu juga lokasi Pamanto ini dapat di tatah sedemikian rupah agar dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke mantar ini," tutup pegawai Pertamina pusat ini. (Ibrahim)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.