Pantau Kedatangan Orang Asing, Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Buat SEPAT



Lintas NTB, Sumbawa - Untuk mengantisipasi keberadaan orang asing di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Direktorat Jenderal Imigrasi melalui kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar telah membuat terobosan baru.

Trobosan baru tersebut bernama SEPAT yang diangkat dari nama makanan khas Sumbawa. Sepat adalah sarana pengawasan dan pengendalian petugas di tempat pemeriksaan imigrasi. "Sepat merupakan inovasi baru pada kantor imigrasi kelas II TPI Sumbawa Besar untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan tugas di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI)," jelas Loreta selaku humas imigrasi kelas II TPI Sumbawa Besar kepada awak media, Minggu, (26/6/2022).

Ia juga mengatakan, khusus di Sumbawa Barat sepat dipasang di pelabuhan Benete. Tujuan dibuat sepat agar tamu dari luar negeri bisa memberikan reward kepuasan terhadap pelayanan petugas imigrasi di tempat kedatangan. "Sebelumnya ada 21 orang dari Banglades melakukan kunjungan ke PT. AMNT yang ingin keluar Indonesia dan memberikan reward kepuasan terhadap petugas imigrasi," ungkapnya.

Ia berharap, si SEPAT dapat menjadi percontohan bagi kantor imigrasi lain di Indonesia. Sepat nanti akan menjadi pemantau orang asing yang akan berkunjung atau bekerja di PT. AMNT dan Smelter. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.