Sambut Hari Kemerdekaan RI 77, SMPN 2 Kopang Gelar Beragam Kegiatan Sekolah

 


Lintas NTB, Lombok Tengah - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77. Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kopang menggelar beragam program kegiatan sekolah baik program intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Salah satunya dengan mengirimkan siswa siswinya untuk mengikuti beberapa kegiatan yang diadakan di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.


"Semua kegiatan yang yang diikuti oleh siswa siswi kami baik yang di desa, kecamatan maupun kabupaten sudah kami koordinasikan dengan wakil kepala sekolah, guru dan pembina Osis," kata Kepala Sekolah SMPN 2 Kopang, Saidi, S.Pd., MM., saat ditemui Lintasntb.com di ruang kerja sekolahnya, pada Jum'at (12/08/2022).


Diakuinya, karena sekolah kita di ruang lingkup pedesaan. Jadi kita diminta oleh desa untuk mengirim pasukan siswa siswi yang ada di sekolah untuk mengikuti kegiatan pelaksanaan gerak jalan. "Dan 4 regu yang mengikuti kegiatan  pelaksanaan gerak jalan yang ada di desa Darmaji sudah kami siapkan di sekolah," ujarnya


Selain mengirimkan pasukan siswa siswinya ke desa Darmaji, kata dia, kita juga mengirimkan pasukan siswa siswi yang ada di sekolah untuk mengikuti gerak jalan di kecamatan. 


"Di tingkat kecamatan kami sudah mengadakan rapat koordinasi dengan panitia. Jadi, kami nantinya akan disediakan waktu 1 hari untuk gerak jalan. Kalau tidak salah pada 18 Agustus. Itu diikuti oleh regu pasukan pramuka yang akan mengikuti gerak jalan tersebut dan itu sudah kami siapkan di sekolah," paparnya.


"Dan malamnya kami juga sudah menyiapkan pentas seni hadroh dan seni yang lainnya untuk ikut berperan serta dalam menyemarakkan HUT RI ke 77 untuk ditampilkan di kecamatan," sambungnya.


Ia mengungkapkan, kita juga di kabupaten melaksanakan beberapa kegiatan salah satunya kita ikut upacara pramuka. Artinya, dengan cara ini, kita mengingat bagaimana para pahlawan pejuang kita berjuang merebut kemerdekaan kita dari tangan penjajah saat itu.


Begitu juga kita di sekolah, imbuhnya, meminta kepada bapak ibu guru untuk mewakili sekolah mengikuti upacara baik di sekolah, di desa, kecamatan maupun kabupaten.


"Sebagai bentuk wajud pengabdian kami di sekolah, kami melaksanakan upacara di sekolah dan mengutus beberapa bapak ibu guru yang lainnya untuk mengikuti upacara, baik yang dilaksanakan di desa, camat, maupun kabupaten dan itu sudah kami siapkan tanpa mengganggu aktivitas belajar-mengajar di sekolah," tuturnya


Lanjutnya, harapan kita, siswa siswi kita yang turut ikut serta mengikuti beberapa kegiatan HUT RI ke 77 tahun ini, bisa menorehkan prestasi. 


"Tapi Meskipun tidak menorehkan prestasi, yang paling penting bagi saya, bagaimana siswa siswi kami, bagaimana bapak ibu guru kami di sekolah itu dapat berpartisapasi dalam mengikuti beberapa kegiatan tersebut di atas, tentunya untuk menanamkan nilai-nilai semangat nasionalisme, patriotisme kepada generasi siswa siswi kedepannya, khususnya di dunia pendidikan," pungkasnya.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.