Tutup Pemagangan Sektor Tambang, Sekda KSB Sampaikan Pesan Ini


Lintas NTB
, Sumbawa Barat - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST., M. Si  secara resmi menutup kegiatan pemagangan dalam negeri pada sektor pertambangan program pendidikan dan pelatihan vokasi tahun 2022 Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya, sekda mengapresiasi atas kedatangan Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB (Disnakertrans) beserta jajaran dan Kepala Dinas Disnakertrans Kabupaten Sumbawa dan jajarannya. Pemanggang ini mengangkat tema "Tenciptakan SDM yang Kompeten dan Berdaya Saing".

Ia juga menjelaskan, tantangan kedepan sungguh sangat berat, maka pemagangan seperti ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Sekda menceritakan bahwa, Kecamatan Maluk sudah menjadi kawasan industri dengan penggeraknya Smelter, ditambah industri turunannya.

"Smelter baru bisa akan difungsikan tahun 2024 dan smelter dibuka jika industri turunannya sudah ada," kata Sekda, Rabu, (7/9/2022).

Kedepan, lanjut sekda, peluang kerja sangat besar dan terbuka, maka perlu kita siapkan skill kepada anak-anak muda agar bisa menangkap peluang kerja yang terbuka. Dirinya juga akan memanggil beberapa perusahaan baru yang berinvestasi di KSB agar komitmen untuk memberdayakan masyarakat KSB.

"KSB sudah memiliki peraturan Bupati (Perbu) tentang sumber daya lokal. Perbup tersebut memiliki ruang panisment yang akan diberlakukan bila perusahaan tidak taat aturan," jelas sekda.

Ia berharap kepada anak-anak yang baru selesai magang agar bisa mengingat budaya kerja supaya terus tertanam dalam diri kita. "Tanam budaya kerja agar saat masuk dalam dunia kerja bisa nyaman dan tenang," harapnya.

Ditempat yang sama, Direktur PT. RUM Yutfi Iriandi, ST mengatakan bahwa, tahun pertama pemagangan dalam negeri sudah meluluskan 30 orang di bidang pengelasan, tahun kedua lima puluh orang Sumbawa Barat dan 50 orang dari Kabupaten Sumbawa, sehingga totalnya 100 orang di tahun kedua ini. Sementara untuk bidang pelatihan di tahun kedua yaitu, scapholding, pengelasan, Bubut, K3 Listrik dan tukang gambar.

Rencana pelatihan ke 3 akan merekrut 300 orang di bidang penambangan. PT. RUM bekerjasama dengan Dinas Disnakertrans KSB, perusahaan tambang dan SMK seluruh Indonesia. Termasuk dengan perguruan tinggi.

Hadir dalam acara penutupan magang dalam negeri pada sektor tambang, Kepala Dinas Disnakertrans NTB I Putu Gede Aryadi S. Sos., MM, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Disnakertrans KSB, Kepala Dinas Disnakertrans Kabupaten Sumbawa. (LNG05)


0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.