Mahasiswa KKN Tematik Unram 2023 Berikan Penyuluhan Pemanfaatan Sampah Organik Rumah Tangga Menjadi POC



Lintas NTB, Lombok Barat - Desa Kuranji Dalang merupakan salah satu Desa yang terdapat di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa ini terkenal dengan destinasi wisata utama berupa pantai dan pendukung lainnya seperti wisata religi berupa makam nilam serta kesenian dan kebudayaan berupa konservasi penyu dan pameran (wayang).

Namun sayangnya, permasalahan sampah masih menjadi masalah utama di desa ini. Masyarakat setempat belum bisa memanfaatkan sampah yang ada sehingga lagi dan lagi berujung terbuang ke daerah pesisir. Sangat disayangkan bukan jika dibiarkan terus menerus terjadi akan berdampak tidak baik ke sektor wisata disana?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut tim KKN Tematik Desa Kuranji Dalang periode ini melakukan suatu gerakan baru untuk membuat mindset masyarakat terhadap pemanfaatan sampah menjadi lebih terbuka. 

Bersama dengan Kepala Penanggung Jawab salah satu lokasi pariwisata disana, tim KKN bekerjasama melakukan penyuluhan terkait pemanfaatan sampah organik menjadi produk bermanfaat berupa Pupuk Organik Cair (POC) yang diperkenalkan dan dijelaskan secara terbuka kepada masyarakat. 



Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak serta merta lagi membuang sampah rumah tangga seperti kulit jeruk, limbah dapur, dan lain sebagainya ke destinasi wisata hingga dikhawatirkan merusak sektor wisata yang ada.



Adapun pembahasan dalam kegiatan penyuluhan ini diantaranya bagaimana cara membuat molase, yakni salah satu bahan yang harus ada agar terbentuknya POC tersebut hingga proses pembuatan POC. masyarakat setempat aktif menanyakan dan antusias dalam program ini dikarenakan mereka juga ingin memanfaatkan bahan yang ada di sekitar menjadi sesuatu yang bernilai guna untuk sesama.


Penulis : Nunung Uswatun Hasanah 

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.