Dikbud NTB Akan Penuhi Posisi Kepala SMA/SMK dan SLB Yang Lowong


Lintas NTB, Mataram -
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB akan segera mengisi posisi kepala SMA/SMK, dan SLB yang kosong (lowong). Hasil evaluasi kinerja (Evakin) kepsek pada November 2023 menjadi indikator penilaian untuk mengisi posisi yang lowong.

Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M.Pd mengatakan, pihaknya berjanji akan segera mengisi posisi kepsek yang lowong. "Kami sudah punya nama-nama calon kepala sekolah," ungkapnya. Senin, (8/1/2024).

Ia juga menjelaskan, ada 13 posisi kepala sekolah yang lowong lingkup Pemprov NTB. Di antaranya, kepala SMAN 3 Mataram, SLBN 1 Mataram, SMAN 1 Gunungsari, SMAN 1 Batulayar, SMKN 1 Lingsar, SMAN 1 Batukliang dan sejumlah sekolah di Pulau Sumbawa. Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan memberi sejumlah nama-nama calon kepsek kepada pimpinan atau penjabat gubernur. Namun yang jelas calon kepsek yang diusulkan ini sesuai persyaratan. 

Memiliki sertifikat calon kepala sekolah atau dari guru penggerak (GP). "Kalau dari dua persyaratan itu tidak memenuhi baru kita ambil dari guru-guru senior," papar Aidy. 

Aidy juga akan meminta pendapat kepada pengawas terkait pengangkatan kepala sekolah. Dia menyebutkan, pihaknya tidak hanya akan mengisi kepsek yang lowong, namun juga akan ada pergeseran. "Kami ingin mutasi kepsek ini bisa secepatnya atau bulan Januari ini. Lebih cepat lebih baik," jelasnya. 

Aidy ingin pengisian kepsek lowong dilakukan bulan Januari ini. Mengingat pada semester genap belum dicairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selain itu, beberapa bulan ke depan akan ada ujian sekolah (US) bagi kelas XII. "Tanda tangan ijazah bisa dilakukan Plt (pelaksana tugas), tapi baiknya dilakukan kasek definitif," tutupnya. (LNG06)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.