SMKN 1 Lembar Terus Kembangkan Budidaya Udang Vaname dan Menjadi Program Unggulan Sekolah


Lombok Timur - SMKN 1 Lembar terus mengembangkan pembelajaran atau teaching factory untuk mendukung pengembangan keterampilan siswa-siswi melalui kegiatan praktek yakni budidaya udang vaname air tawar. 


Kepala SMKN 1 Lembar Ahmad Quroni mengatakan pihaknya saat ini juga telah menyiapkan tempat untuk pengembangan budidaya udnag vaname. "Di sekolah sudah ada beberapa kolam bundar yang digunakan sebagai tempat untuk perkembangan udang vaname, dan saat ini kita juga akan membuat dengan diameter yang lebih besar tentunya yakni 25-30cm," ujarnya. 


Dengan diameter tersebut maka benih udang vaname akan lebih banyak ditampung hingga 2,5 - 3 ton. Pengembangan teaching factory ini dengan sistem bioflok, berbentuk kolam bundar diameter 5 meter yang telah digunakan. 


"Jadi teaching factory ini, kegiatannya dalam bentuk budidaya udang vaname," jelasnya. Menurut Quroni program ini juga mendukung program Dikbud NTB, Industrialisasi SMK yang digalakkan selama ini. 


Industrialisasi SMK yang dimaksud kata dia, tentu kalau di sekolah tidak dalam skala luas. "Kalau di sekolah itu lah namanya teaching factory, industri berbasis pembelajaran," ungkapnya. 


"Tentu bicara efeknya, pasti ada, tapi skala nya perlu dilihat. Kalau kami industrialisasi sekolah," ujarnya. Lebih-lebih dengan program Dikbud, industrialisasi SMK ini tentu membuka peluang lebih luas lagi untuk bagaimana mengembangkan SMK berbasis industri. 


Artinya anak-anak dibekali jiwa entrepreneur, pengusaha dan wirausaha. Khusus di SMKN 1 Lembar, untuk membekali anak dari sisi industri melalui teaching factory. Melalui teaching factory ini, tentu nantinya menghasilkan produk. Bukan hanya barang, namun produk lain, seperti perikanan, produk setengah jadi. Kemudian menyangkut marketing dan pemasaran. 


Untuk budidaya udang vaname dilakukan panen udang vaname ketika sudah berusia 4 – 5 bulan. Kriteria dari ukuran udang yang ideal sehingga kurang lebih mudah untuk dikuras dengan baik proses panen bisa dilakukan untuk berbagai macam ketika musim panen. 


Dikatakan Quroni sekolah telah melakukan panen udang selama tiga kali pada tahun 2023 lalu dan telah menghasilkan puluhan juta dalam penjualan tersebut. 


Untuk area marketplace, sekolah telah bekerja sama dengan pihak hotel yang ada di Kabupaten Lombok Barat termasuk juga dengan beberapa pengusaha yang ada di luar Pulau Lombok bahkan luar NTB. 


Salah satu keunggulan yang menonjol dari udang vaname ini adalah daya adaptasinya yang tinggi. Udang vaname memiliki kepadatan tebar yang tinggi. Dengan begitu, udang ini sangat tahan terhadap berbagai goncangan lingkungan.

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.