Studi Banding di MAN 2 Mataram, MTSN 1 Kota Bima Miliki Kelas Sesuai Passion


Mataram - MTsN 1 Kota Bima mengunjungi MAN 2 Mataram dalam rangka studi banding serta sharing sekaligus belajar terkait tentang pengelolaan madrasah. (Senin,12/2/24). 


Rombongan diterima langsung Kepala Madrasah, H. Lalu Syauki MS, M.Pd. Dalam sambutannya, Syauki mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas perkenaan rombongan MTsN 1 Kota Bima berkunjung ke MAN 2 Mataram. 


Dalam kesempatan yang sama Syauki mengurai jika di MAN 2 Mataram merupakan madrasah unggulan. Bukan hanya di NTB tetapi juga di Indonesia. 


Indikator sebagai madrasah unggulan adalah menggunakan prinsip kerja ; GPL atau Gak Pake Lama, Buy1 get 2, Clean and Clear dan Prinsip Kereta Api. Hal ini menunjukkan cara kerja MAN 2 Mataram yang gercep, fleksibel, profesional dan tepat sasaran. 


Keempat prinsip kerja itu pun melahirkan 4P yaitu: Profile, Penampilan, Pelayanan dan Prestasi yang akhirnya melahirkan jargon 3M : Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia. 


Sebagai madrasah unggulan tentu saja harus memperhatikan hal-hal di atas, sehingga MAN 2 Mataram benar-benar menjelma menjadi Madrasah yang Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia. 


Selanjutnya diwaktu yang sama dimanfaatkan juga untuk memberikan informasi PPDBM (Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah) Tahun Pelajaran 2024/2025. 


Dalam hal ini, disampaikan oleh Ketua PPDBM sendiri Hj. Meci Karimah Kasipahu, S.Pd, ia menjelaskan bahwa PPDBM yang akan dibuka adalah Jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik. 


Penjelasan diberikan oleh Meci terkait dengan persyaratan dan tata cara pendaftaran PPDBM jalur prestasi yang akan dibuka mulai 4 Maret hingga 6 Maret 2024. 


Persyaratannya adalah nilai 4 Mata Pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA dari semester 1-5 harus rata-ratanya minimal 90.00. 


Jika sudah memenuhi syarat itu maka calon peserta didik bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni jika memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akadmeik minimal tingkat Kota atau Kabupaten. 


Apabila tidak memenuhi salah satu syarat saja, maka sistem atau aplikasi akan menolak pendaftaran calon peserta didik bersangkutan. 


Untuk dipahami, bahwa ketika calon peserta didik memiliki rata-rata 90.00 dari 4 Mata pelajaran. Lalu sistem akan merangkingnya kembali dan peserta yang diterima sesuai dengan yang telah disaring melalui sistem atau aplikasi. 


Adapun siswa yang ikut rombongan studi banding sejumlah 38 orang yang berasal dari kelas full day ma'had tsulus (kelas akhir yakni kelas 9 tsanawiyah) MTsN 1 Kota Bima. 


Ketua Rombongan MTsN 1 Kota Bima Nurhasanah, S.Pd., mengatakan madrasah telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka ini, MTsN 1 Kota Bima membagi kelas menjadi Kelas Full Day, Kelas Bilingual, Kelas IT, Kelas Robotik dan Kelas Boarding. 


Adapun maksud dari pembagian ini adalah untuk mengakomodir minat dan bakat siswa yang berbeda-beda atau yang sesuai dengan passion mereka. 


Kelas Full Day merupakan kelas reguler namun belajarnya hingga pukul 05.00 sore yang dilengkapi dengan pembinaan dan pengayaan dari berbagai mata pelajaran. 


Sementara Kelas Bilingual merupakan kelas yang menggunakan dua bahasa Asing, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Dengan demikian, guru yang mengajar di kelas Bilingual harus bisa berkomunikasi dalam dua bahasa tersebut. 


Kemudian kelas IT adalah kelas yang titik fokusnya pada pendalaman materi masih terbatas tentang ilmu komputer. Ke depannya konsentrasi kelas ini akan dikembangkan lebih luas lagi. 


Seperti penggunaan benda-benda elektronik maupun yang menunjang minat siswa di bidang IT. Kelas Robotik mirip dengan ekstrakurikuler Robotik yang ada di MAN 2 Mataram yakni fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan Robotik termasuk merangkai dan mendesainnya. 


Sementara kelas boarding adalah yang tinggal di asrama, mirip dengan program MANPK MAN 2 Mataram yang belajarnya pagi seperti kelas reguler, sore hingga malam hari adalah pengayaan dan tutorial. 


Termasuk dalam tutorial bahasa Inggris dan bahasa Arab, serta pembelajaran kitab kuning tingkat dasar dan juga tahfidz. MTsN 1 Kota Bima merupakan MTs unggulan di wilayah tersebut. Banyak siswanya yang diterima di MANPK MAN 2 Mataram setiap tahun, baik melalui jalur prestasi maupun jalur tes. 


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan souvenir berupa 2 buku karya Tim Gerakan Literasi Madrasah atau GLM MAN 2 Mataram yang berjudul: MAN 2 Mataram Mendunia dan Jejak KIR Manda dalam goresan. 

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.