Tim Tata Ruang KSB Lakukan Monev, PT. NRC Pastikan Segera Kantongi Izin


Lintas NTB, Sumbawa Barat -
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui tim tata ruang daerah, melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) lapangan dengan mendatangi sejumlah lokasi pembangunan perusahaan yang berada di sepanjang akses menuju gate 41 alfa PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN).

Kunjungan itu sendiri untuk mengecek langsung perizinan yang dimiliki masing-masing perusahaan dalam melakukan aktifitas pembangunan. “Kami langsung mengecek lapangan untuk memastikan, jika aktifitas perusahaan dimaksud sesuai peruntukan dan telah mengantongi izin,” kata Muhammad Naf’an, MM. Inov selaku kabid tata ruang dan pertanahan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang menjadi pimpinan rombongan, pada Selasa, (4/6/2024) kemarin.

Saat bertemu dengan perwakilan managemen PT. Nusa Raya Cipta (NRC) dilingkungan proyek, Naf’an sapaan akrabnya meminta komitmen dan keseriusan perusahaan untuk segera menyelesaikan dokumen persyaratan perizinan. “Kami datang menjadi bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP) atau tindak lanjut atas permohonan perusahaan dalam mendapatkan izin,” tuturnya.

Dikesempatan itu Naf’an mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak perusahaan, dimana sangat kooperatif untuk segera mengantongi izin. “Proses pengurusan izin sebenarnya tidak sulit karena bisa secara online. Jika merasa ada kendala bisa berkoordinasi dengan tim pemerintah KSB, terutama pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPTSP),” lanjutnya.

Dalam kunjungan itu juga, tim penataan ruang pemerintah KSB memberikan keterangan kepada pihak managemen soal dokumen yang perlu dilakukan perbaikan. Langkah persuasif itu sendiri sebagai bentuk apresiasi atas itikad baik perusahaan mengajukan proses penerbitan izin. “Perusahaan yang mengajukan penerbitan izin tetap kami layani dengan baik, karena prinsipnya sebuah investasi harus didukung betul,” tegasnya.

Ketaatan perusahaan dibuktikan dengan tidak melanjutkan aktifitas pembangunan pasca diberikan himbauan dari tim tata ruang, namun untuk land clearing yang sedang dilaksanakan dapat tetap dilanjutkan. “Semoga dalam beberapa hari ini bisa segera rampung, sehingga pembangunan sesuai gambar yang diajukan bisa dituntaskan,” urainya.

Terakhir Naf’an mengingatkan, agar perusahaan yang dijadikan mitra kerja harus yang telah mengantongi izin, sehingga tidak menjadi persoalan dikemudian hari.

Sementara Rahmawan Siswandoko selaku perwakilan PT. NRC saat bertemu tim pemerintah KSB mengaku ada miskomunikasi terkait dengan perizinan, sehingga pihaknya akan segera menyelesaikan prosesnya. “Kami ini perusahaan yang sangat taat dengan aturan, jadi semua dokumen perizinan akan segera diselesaikan, termasuk syarat yang dijadikan catatan,” akunya.

Rahmawan membeberkan, jika yang dibangun dalam lokasi proyek adalah gudang sebagai tempat transit material yang dibutuhkan perusahaan, termasuk basecame (hunian) bagi para pekerja. “Semua bangunan ini tidak permanen, karena lokasi proyek diatas lahan sewaan,” bebernya.

Tentang saran untuk menggandeng suplayer sebagai mitra kerja, Rahmawan mengaku telah membangun komunikasi dengan beberapa perusahaan yang dipastikan telah berizin, bahkan menjadi subkontraktor pada PT. Amman Mineral Nusa Tenggara. (LNG05)

0 Comments

Silahkan Berkomentar, Bebas Tapi Sopan.